Rekomendasi Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan

Rekomendasi Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan

Investasi syariah yang aman dan menguntungkan, apakah memang ada jenis investasi seperti itu? Yup, jawabannya tentu saja ada.

Kita sebagai umat Islam seringkali merasa khawatir pada saat akan berinvestasi karena takutnya ada unsur riba pada investasi yang akan kita jalankan, namun saat ini ternyata telah terdapat berbagai jenis investasi syariah yang terbebas dari bunga atau riba. Mari kita simak beberapa diantaranya:

Sebelum membahas mengenai beberapa jenis investasi syariah, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa dan bagaimana investasi syariah tersebut.

Seperti namanya, investasi syariah merupakan investasi yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits dalam pembuatan aturan dan sistem operasionalnya.

Dalam investasi syariah sang investor masih memiliki resiko rugi seperti halnya investasi konvensional. Namun karena basisnya adalah syariah maka resiko yang ada lebih sedikit dan tentunya para penanam modal yang beragama Islam akan merasa lebih nyaman untuk berinvestasi di dalamnya.

Cari tahu: Tiga Macam Investasi Sesuai Syariah Islam yang Bebas Riba

Sama seperti investasi konvensional, investasi berbasis syariah pun mempunyai beberapa jenis. Sangat disarankan bagi anda untuk memahami terlebih dulu dari masing-masing jenis investasi agar tidak menyesal di kemudian hari dan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik. Berikut ini beberapa jenis investasi syariah yang bisa anda pilih:

Investasi di Bidang Property

Berinvestasi di bidang property khususnya property syariah akan sangat menguntungkan karena selain minim resiko, pengelolaan yang amanah dan profesional akan dapat menghindarkan anda dari resiko kerugian.

Salah satu rekomendasi berinvestasi di bidang property syariah adalah dengan membeli minimal satu buah kavling produktif syariah sebagai investasi masa depan anda.

Investasi Deposito Syariah

Jenis investasi yang kedua yaitu deposito syariah. Secara umum deposito adalah simpanan uang dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk memenuhi beberapa kebutuhan contohnya pendidikan anak, kesehatan keluarga , membeli rumah dan lain sebagainya. Semua bank nasional menyediakan layanan ini agar masa depan nasabahnya lebih tertata dengan adanya dana simpanan.

Akan tetapi yang membuat kedua jenis deposito ini berbeda adalah deposito syariah menerapkan sistem bagi hasil yang telah disetujui sebelumnya ketika melakukan perjanjian atau akad. Baik investasi properti maupun deposito anda tetap harus selektif sebelum memutuskan akan berinvestasi.