Hal Penting Sebelum Membangun StartUP

Hal Penting Sebelum Membangun StartUP

Apakah Anda milenial atau generasi Z? Kalau iya pasti tahu istilah startup. Startup adalah istilah yang melekat pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Startup sendiri memanfaatkan teknologi dan tidak memiliki banyak karyawan bahkan terkadang tidak memiliki kantor. Meski begitu startup bisa menghasilkan uang seperti perusahaan pada umumnya.

Beberapa startup yang kini menjadi salah satu perusahaan dengan nilai valuasi tinggi antara lain Bukalapak, Tokopedia dan Go-jek. Startup tersebut bahkan menyandang predikat sebagai unicorn startup, perusahaan yang memiliki valuasi lebih dari $ 1 miliar. Ternyata startup juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan model bisnisnya. Mari kenali beberapa model startup ini sebelum Anda mendirikanya :

Marketplace

Marketplace adalah platform jual beli yang mempertemukan pembeli dan penjual melalui aplikasi atau web. Marketplace yang bisa Anda temukan di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Airbnb atau Go-Jek. Keunggulan marketplace ini adalah dijalankan melalui aplikasi sehingga konsumen dapat memesan layanan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, ada banyak penjual di dalamnya, jadi kebutuhan apa pun yang Anda cari mudah ditemukan di sini. Pasar itu sendiri menghasilkan pendapatan dari layanan iklan premium yang digunakan oleh penjual.

E-commerce

Selain marketplace juga ada istilah e-commerce yang sebenarnya memiliki konsep layaknya marketplace. Meski begitu, e-commerce berbeda dengan marketplace karena marketplace memberikan kesempatan kepada penjual lain untuk berjualan di platform mereka tetapi tidak untuk e-commerce. E-commerce hanya menawarkan produk yang berasal dari situs web mereka sendiri. salah satu contoh e-commerce adalah seperti berrybenka atau zalora.

Afiliasi

Model afiliasi adalah salah satu model bisnis terkait sebagai anggota. Afiliasi memanfaatkan sosialisasi terarah yang dilakukan oleh perorangan, badan usaha dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan. Pola afiliasi lebih mengandalkan tautan yang disediakan oleh pihak tertentu untuk membantu pemasaran. Model bisnis ini biasanya menerapkan sistem pembayaran di muka bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa perusahaan rintisan ini.

Software As A Service

Software As A Service atau SaaS adalah model bisnis yang berfokus pada memberikan layanan kepada pelanggan. Model bisnis ini dipasarkan kepada para pengusaha karena produk yang ditawarkan adalah software. Software yang digunakan biasanya langganan seperti layanan cloud computing atau CRM. Fungsinya untuk manajemen keuangan atau komunikasi perusahaan.

Licensing

Ada juga startup dengan model perizinan yang terkait dengan paten, merek dagang, dan rahasia dagang. Salah satu contoh startup lisensi adalah Arm Holdings. Arm Holdings adalah perusahaan multinasional dari Inggris yang berfokus pada pendanaan dan desain perangkat lunak perusahaan.

Untuk membangun sebuah startup bisa dibilang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Tenaga kerja yang Anda butuhkan adalah individu yang benar-benar ahli di bidangnya. Sebelum memulai startup, tentunya Anda perlu memiliki prototipe atau desain awal agar fokus dan bisa mendapatkan feedback dari target pasar yang Anda bidik.

Kemudian luncurkan versi beta untuk lingkaran terbatas sebelum diperkenalkan ke publik. Dengan fase uji coba ini untuk lingkaran terbatas, Anda dapat memperbaiki kekurangan produk Anda. Baru setelah itu luncurkan versi beta untuk umum.

Saat ini versi beta ini sudah menunjukkan peningkatan dan berpotensi menjadi produk yang mampu digunakan oleh banyak orang baru yang mengajukan pendanaan. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar produk Anda.