Cara Memulai Usaha Bisnis Boneka Modal Di Bawah 10 Juta

Cara Memulai Usaha Bisnis Boneka Modal Dibawah 10 Juta

Apakah produk boneka ini memiliki peluang yang bagus penjualannya? Kalau dilihat dari komposisi jumlah penduduk saat ini, konon jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki maka dapat dipastikan prospek bisnis ini masih sangat cerah.

Hampir setiap anak perempuan pasti memiliki atau menginginkan mainan berupa boneka. Apalagi jika Anda dapat menciptakan tren boneka baru, seperti tren boneka muslimah berwajah timur tengah yang mulai marak di pasaran menyaingi si Barbie boneka ala Barat.

Memulai Bisnis Boneka Dengan Modal Dibawah 10 Juta

Untuk memulai bisnis boneka dengan modal yang terbatas tentunya diperlukan perencanaan yang matang dan terperinci. Berikut adalah beberapa tahapan cara memulai usaha bisnis boneka modal di bawah 10 juta, diantaranya :

  • Mencari ide jenis boneka seperti apa yang belum ada di pasaran, tetapi memiliki peluang bagus atau diminati banyak konsumen.
  • Pelajari cara memproduksinya. Bisa menggali data dari berjalan-jalan di pasar. Mencari informasi di internet, membaca buku, dan lain-lain.
  • Mencari bahan baku. Setelah menguasai teknik produksi dilanjutkan dengan hunting bahan baku. Bisa dibeli di pasar grosir serta penjualan barang setengah jadi.
  • Mulai merancang baju boneka dan mencari bahan baku pakaian yang tepat untuk produknya. Bila menguntungkan untuk menjahit sendiri, itu lebih baik karena dapat menghemat gaji karyawan. Namun, bila tidak memungkinkan, bisa mengorder ke orang lain dengan rancangan dari kita, lalu kita membayar setiap baju dengan harga sesuai kesepakatan.
  • Mengemas barang dagangan secantik dan semenarik mungkin.
  • Mulai menentukan strategi pemasaran, apakah dengan direct selling. Berjualan di suatu tempat yang ramai pengunjung atau yang lain, dan membidik konsumen sasaran atau pasar potensial.

Hambatan Bisnis

Layaknya bisnis yang lain, bisnis boneka ini pun memiliki beberapa tantangan yang harus diketahui dan diantisipasi, diantaranya :

  • Mulai bermunculan produsen-produsen sejenis. Hal ini tentu saja menjadikan munculnya persaingan.
  • Jika mengambil bahan baku impor, harganya sangat bergantung dollar. Jika dollar naik, biaya produksi tentu juga akan naik. Jika biaya produksi naik, harga penjualan tentu naik juga. Di sinilah akan muncul kendala baru jika ternyata pasar tidak siap untuk menerima kenaikan harga jual.
  • Kenaikan harga bahan pokok, terutama bensin, atau gas seperti saat ini, turut pula mengurangi daya beli masyarakat. Mereka pasti akan lebih memprioritaskan membeli bahan-bahan pokok dibanding membelikan mainan anak yang harganya cenderung mahal.

Strategi Bisnis

Dan berikut ini adalah beberapa strategi bisnis yang dapat Anda lakukan dalam usaha bisnis boneka ini :

  • Merancang baju boneka semenarik mungkin
  • Buat kemasan yang cantik dan menarik yang sekiranya berbeda dengan produsen lain yang bergerak di bidang yang sama. Untuk bisa tampil beda dengan produsen lain, inspirasinya bisa didapat dengan survei pasar.
  • Beri label atau merek tertentu agar konsumen tahu brand produk kita.
  • Saat dipajang di toko atau kios, buatlah penataan barang yang rapi dan indah dipandang mata sehingga mengundang minat konsumen, minimal mereka tertarik untuk melihat.
  • Produk boneka ini bisa dijual dengan sistem direct selling di tempat berjualan yang tepat sasaran. Karena produknya mahal untuk ukuran mainan anak dan penjualannya dapat dilakukan di kalangan yang berekonomi menengah ke atas.
  • Menyuplai barang ke mall, toko penjualan, dan penjualan perorangan yang berminat dengan barang ini. Untuk menekan biaya pengiriman barang, harus pintar-pintar mencari tempat pengiriman barang yang harganya cocok dengan keinginan kita. Untuk pengiriman yang butuh cepat memakai jasa pengiriman apa, dan sebagainya.
  • Promosi menyebar kartu nama dan brosur.
  • Mengikuti berbagai event dan pameran.
  • Lengkapi produksi dengan pernak-pernik boneka lain. Misalnya rumah, tempat bermain, dan aksesoris-aksesoris lain.

Analisis Bisnis

Modal awal:

– Etalase ============================Rp 1.000.000

– Rak ============================== Rp 750.000

– Mesin jahit ========================= Rp 500.000

Jumlah                                                                                                         Rp2.250.000

Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun =(Rp 2.250.000 – Rp 1.000):4 = Rp 562.250 per tahun atau sama dengan Rp 46.854 per bulan

Perlengkapan:

– Benang ============================Rp 100.000

– Kotak/kemasan ======================Rp 100.000

– Label ============================= Rp 50.000

– Alat tulis ===========================Rp 20.000

Jumlah                                                                                                        Rp 270.000

Bahan baku:

– Boneka 150 buah x Rp 9.000=============Rp 1.350.000

– kain kiloan bahan baku boneka ===========Rp 200.000

– Sepatu boneka 150 buah x Rp 500=========Rp 7.000

Jumlah                                                                                                          Rp 1.625.000

Perhitungan Laba/rugi per bulan

– Pendapatan (150 buah @ Rp 50.000) Rp 7.500.000

Biaya-biaya

Bahan baku:

– Boneka (150 x Rp 9.000=================Rp 1.350.000

– Sepatu boneka (150 x Rp 500) ============Rp 75.000

– kain Kiloan ==========================Rp 200.000

– Biaya perlengkapan ====================Rp 270.000

– Biaya transportasi =====================Rp 100.000

– Biaya listrik,air dan telepon ==============  Rp 500.000

– Biaya gaji karyawan====================Rp 750.000

– Biaya penyusutan peralata ===============Rp 46.854

– Biaya pengirima ====================== Rp 300.000

– Biaya lain-lain ========================Rp 100.000

Jumlah biaya                                                                                     Rp 3.341.854

Laba bersih                                                                                        Rp 4.158.146

Bagi Anda yang sedang mencari informasi dan referensi semoga ulasan di atas tentang cara memulai usaha bisnis boneka modal di bawah 10 juta dapat bermanfaat serta dapat menginspirasi. Salam sukses selalu!