Cara Cepat Menanam Buah Kurma di Indonesia

manfaat-buah-kurmaMenanam pohon kurma di Indonesia memang bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang telah berusaha menanam kurma, tetapi tidak berhasil.

Namun,bukan berarti kurma mustahil ditanam di Indonesia. Tahun 2000-an sudah mulai banyak pembudidaya yang penasaran dan berhasil menanam kurma hingga dapat panen.

Beberapa tempat di Indonesia yang sudah terdapat pohon kurma berbuah yaitu di daerah Lampung, Bangka, Sumatera Utara, Lampung, Bekasi, Riau, Yogyakarta, Jawa Barat dan Kabupaten Kudus.

Cara Menanam Buah Kurma di Indonesia

Nah, bagi Anda yang minat berbudidaya kurma, berikut ini cara menanam buah kurma di Indonesia dengan mudah.

  1. Persiapan Biji Kurma

Biji kurma yang telah disiapkan harus dibersihkan dari sisa-sisa daging buah. Setelah biji kurma dicuci bersih, biji direndam hingga 5×24 jam.

Air untuk merendam biji kurma setiap 24 jam sekali harus diganti dengan air baru. Untuk mempercepat proses perkecambahan biji kurma, perendaman hari ke 4 sebaiknya memakaicampuran air dan ZPT sesuai takaran.

  1. Persemaian Biji Kurma

Biji kurma bisa dikecambahkan langsung di tanah menggunakan campuran cocopeat dan pasir. Proses perkecambahan biasanya memerlukan waktu 2-4 minggu, setelah tumbuh dengan panjang akar 5-10 cm baru di pindah ke media tanaman.

  1. Media Tanam Kurma

Cara menanam buah kurma di Indonesia yang ketiga yaitu mencampurkan media tanam untuk bibit kurma dengan menggunakan bahan-bahan yang memiliki porositas bagus. Artinya untuk menanam bibit kurma saat disiram maka air langsung turun keseluruhan.

  1. Penanaman dan Pemupukan

Penanaman bibit kurma harus dipersiapkan lahan terlebih dahulu dengan jarak 7×7 meter dengan lubang tanam dibuat lebar 1 m, panjang 1 m dan kedalaman 60 cm. Tahap pemupukan dibagi menjadi dua yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan.

  1. Tahap Pembuahan dan Tahap Panen

Pohon kurma betina harus dibuahi oleh bibit jantan dengan cara manual, yakni dengan memotong kulit mayang pohon kurma jantan kemudian diserbukkan bunga jantan ke bunga betina.

Jika pohon kurma sudah mulai berbuah, sebaiknya lakukan pembungkusan supaya mengoptimalkan hasil dan terhindar dari hujan dan serangan hama.

Demikian, beberapa cara menanam buah kurma di Indonesia yang dapat Anda coba dengan memperhatikan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.