6 Jenis Investasi Syariah Halal dan Menguntungkan

6 Jenis Investasi Syariah Halal dan Menguntungkan

Dalam artian sempit, investasi artinya menanam modal. Modal yang diinvestasikan tentunya ditanam tidak di sembarang tempat. Perusahaan yang telah memiliki saham, obligasi, merupakan tempat modal ditanamkan. Namun tidak selamanya investasi itu konvensional. Investasi syariah juga merupakan salah satu investasi yang ada. Bila Anda tertarik dengan investasi syariah, berikut 6 jenis investasi syariah untuk Anda.

Jenis Investasi Syariah yang Perlu Anda Ketahui

Jenis investasi syariah hadir sebagai penyeimbang kehidupan khususnya bagi umat Muslim. Sebagai ajaran dari kepercayaan yang ada, Islam melarang kegiatan ekonomi didampingi degan unsur riba (potongan tanpa syarat), gharar (tidak transparan), dan segala sesuatu penuh spekulasi. Maka darii tu, jenis investasi syariah di bawah dipastikan tidak memenuhi unsur-unsur di atas dan aman bagi Anda.

  1. Reksadana Syariah

Reksadana sendiri merupakan pengelolaan uang untuk membeli saham sesuai dengan dana yang Anda miliki. Dalam reksadana syariah, Anda tentunya bebas dalam memilh lembar saham didampingi dengan pihak reksadana itu sendiri. Sehingga, tidak ada unsur ketidaktransparan dalam pemilihan lembar saham yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

  1. Investasi Emas

Investasi emas juga merupakan jenis investasi syariah yang halal dan patut Anda coba. Emas sendiri merupakan logam mulia yang harganya ditentukan oleh karatnya. Sehingga bila Anda memiliki emas di tahun 2012 dan dijual tahun 2015, tentunya kadar karat telah berkurang begitu pula dengan harganya. Tidak ada unsur spekulasi dalam investasi emas. Semuanya dihitung dengan karat emas dalam penjualannya.

  1. Asuransi Syariah

Dalam asuransi syariah, tidak ada ketentuan bahwa Anda sebagai nasabah hanya harus menyetorkan uang tanpa mengetahui kemana uang tersebut dialokasikan. Bila Anda membayar dengan uang Anda, maka itulah yang akan digunakan kelak bila Anda sedang membutuhkan. Selain itu, prinsip bagi hasil dan sharing the risk merupakan prinsip yang digunakan asuransi syariah dalam hubungannya dengan nasabah. Semuanya dibagi dengan rata.

Baca juga: Investasi Online Syariah yang Aman dan Menguntungkan untuk Dicoba

  1. Deposito Bagi Hasil

Sebuah deposito biasanya ditentukan dengan sistem yang ditentukan oleh sebuah bank. Hal tersebut tentu mengandung unsur riba dan gharar karena pihak bank merupakan pihak yang keputusannya tidak dapat diganggu gugat dalam pemutusan deposito. Dalam deposito bagi hasil, Anda tidak perlu khawatir karena semuanya sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama.

  1. Investasi Produk Perbankan Syariah

Jenis investasi syariah yang tidak kalah halal dan menguntungkan lainnya adalah invessi pada produk perbankan syariah. Produk perbankan syariah sendiri mencakup giro syariah, deposito syariah, tabungan syariah, dan sebagainya. Semuanya diatur dengan prinsip mudharabah dan bila investasi Anda bertambah, maka prosentase keuntungan Anda pun akan semakin bertambah.

  1. Saham dan Obligasi Syariah

Singkirkan pemikiran Anda bahwa saham dan obligasi memiliki nilai penuh spekulasi. Kenyataannya tentu sebuah saham dan obligasi memiliki perhitungan yang pasti diantaranya adalah produk atau jasa yang ditawarkan, laporan keuangan perusahaan, dan citra perusahaan. Saham dan obligasi syariah adalah yang memiliki label halal dari MUI. Selain itu, keuntungannya dibagi dengan jelas sesuai profit perusahaan.

Itulah beberapa jenis investasi syariah yang dapat Anda pilih. Tentunya apabila diikuti dengan niat yang benar dan tanpa menginginkan keuntungan sangat besar, investasi syariah ini sangat menguntungkan dan memberikan Anda keberkahan. Selain itu, Anda juga dapat menyambung silaturahmi dengan saudara Anda yang satu kata dengan Anda dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Ingin tahu jenis investasi syariah yang sangat kami rekomendasikan saat ini? Segera hubungi kami di nomor 0812 7184 8834 untuk informasi lebih lanjut…